20 January 2023

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Resmi di Rilis Menteri Agama RI

SINAR-Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun akademik 2023 secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (20/1).

Dalam sambutannya Menag berpesan mengingatkan kepada seluruh pimpinan PTKIN untuk tidak melakukan tindakan curang, koruptif, dan atau pungutan liar pada pelaksanaan seleksi ini.

Untuk diketahui proses seleksi akan berlangsung dua jenis yakni; Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pontren yang akan lulus  pada tahun 2023. Tahapan SPAN diawali dengan pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 17 Januari – 13 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023.

Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada  3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id.

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023.

Sejumlah 59 PTKIN yang terdiri dari 30 Universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN siap menampung calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan studinya dijenjang perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Agama ini.

Bagi Sekolah dan Siswa yang ingin melihat ketentuan teknis pendaftaran dapat mengunjungi laman resmi panitia pada website https://ptkin.ac.id/ atau menghubungi helpdesk di nomor 081578901020 (WA chat).

Sumber: Pojka Humas SPAN-UM PTKIN

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Resmi di Rilis Menteri Agama RI