Pascasarjana

Berdirinya Pascasarjana UIN RM Said yang ssat itu masih STAIN Surakarta dirintis sejak tahun 2001, saat itu kepemimpinannya adalah Ketua STAIN Surakarta Dr. H. Usman Abu Bakar, MA dan Pembantu Ketua I, Drs. H. Rohmat, M.Pd. dengan Ketua Tim Dr. H. Nashruddin Baidan. Tahun 2007 Ketua STAIN Surakarta Prof. Dr. H. Usman Abu Bakar, MA menerbitkan dengan Surat Keputusan (SK) Nomor: ST/30/K-0/OT.01.1/07/ 2007 pada tanggal 10 Januari 2007 berisi tentang Tim Persiapan Pembukaan Program Pascasarjana yang saat itu diketuai oleh Drs. H. Rohmat, M.Pd. Program Pascasarjana STAIN Surakarta telah melakukan berbagai langkah strategis dan pengembangan.Tahun 2010 dibuka Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Calon Pengawas PAI.

Pada tahun 2013 Program Pascasarjana STAIN Surakarta beralih menjadi Program Pascasarjana IAIN Surakarta. Peralihan ini berdasar Peraturan Menteri Agama Nomor 84 Tahun 2013 tentang Organisasi tata kerja IAIN Surakarta. Tahun 2015 Pogram Pascasarjana IAIN Surakarta membuka Program Studi baru; S2 Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tahun 2017 Pascasarjana IAIN Surakarta menyelenggarakan  program doktor (S3) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Pascasarjana IAIN Surakarta sejak tahun 2016 telah menerapkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai amanah Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi  BAB II Bagian kelima Pasal 29. KKNI menjadi acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan pendidikan profesi. Penetapan kompetensi lulusan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dikembangkan dengan memperhatikan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan dalam mencapai tujuan PT. Pascasarjana IAIN Surakarta merupakan salah satu PTKIN yang berorientasi pada penguatan pendidikan karakter, akhlakulkarimah, kebangsaan, berpengetahuan luas, mandiri dan berdaya saing tinggi. Pascasarjana IAIN Surakarta menekankan pula pada implementasi nilai-nilai moral kewirausahaan, yang bertumpu pada “living values dan life skill” agar lulusan program dapat menjadi ulama intelektual dalam berbagai bidang keilmuan sesuai program studinya. Kemudian PERPRES Nomor 42 Tahun 2021 menjadi tonggak bersejarah bagi IAIN Surakarta yang kini telah sah menyandang nama baru menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Saat ini program studi yang terdapat di Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta:

  1. Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Islam
  2. Magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam
  3. Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab
  4. Magister (S2) Pendidikan Agama Islam
  5. Magister (S2) Hukum Ekonomi Syariah
  6. Magister (S2) Manajemen Bisnis Syariah
  7. Magister (S2) Tadris Bahasa Inggris

Adapun visi, misi, tujuan dan tata nilai Pascasarjana ditetapkan oleh SK Direktur Pascasarjana No 134 tahun 2018 :

VISI

Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta adalah “Menjadi Pascasarjana yang unggul dalam kaian keislaman dan sains secara interdisipliner dan multidisipliner yang terintegrasi dengan kearifan lokal di tingkat ASEAN pada tahun 2030.

MISI

  1. Menyenggarakan pendidikan dan pengajaran secara interdisipliner dan multidisipliner dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan kearifan lokal dengan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian secara interdisipliner dan multidisipliner untuk menjawab problem dan kebutuhan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan hasil penelitian.
  4. Mengembangkan kerjasama dan kolaborasi tingkat nasional dan internasional untuk penguatan kelembagaan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, berkarakter dan kompeten sesuai dengan disiplin keilmuannya.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif, interdisipliner ataupun multidisipliner.
  3. Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat sesuai disiplin keilmuannya.
  4. Menghasilkan kerjasama yang mutualisme dalam pengembangan pendidikan Islam.

TATA NILAI

Tata nilai yang berlaku Pascasarjana IAIN Surakarta mengacu kepada tata nilai yang dimiliki dan dikembangkan di IAIN Surakarta, yaitu religiousity, civility, modernity, dan professionality (RCMP).

Alamat : Jalan Pakis – Wonosari, Kepanjen, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah 57471
Telepon : +62-271-781516 / +62819-5350-7990 
Fax : +62-272-553347
Email : [email protected]
Website : pascasarjana.iain-surakarta.ac.id
Kunjungi Website